Header Ads

CARA BIKIN & KEBERUNTUNGAN PUNYA BLOG


Yosh.... jumpa lagi Minna-san di Serba-serbinya Wappanes Blog yang kali ini mau ceritain sebentar tentang cuara bikin blog ato web. Pada sadarnya saya sendiri kurang begitu paham tentang perbedaan spesifik antara blog dan web, hoho.... entahlah, mungkin kalo blog bisa dibilang lebih bersifat privat dan serba gratisan (walau pun tidak menutup kemungkinan ada yang berbayar), kalau web mungkin lebih bersifat publik dengan template eksklusif berbayar dan domain berbayar. Namun itu tak usah dipikirkan karena bisa dibilang keduanya memiliki orientasi yang samah. Nah terus bagaimana cara membuat website ato cara membuatwebsite sendiri? Ya begini.
Kita cakapkan yang gratisan dulu ajah yah. Pada dasarnya platform blog gratisan itu ada banyak, namun yang paling populer ada dua, yakni Blogger dan Wordprees, dan blog ini pake platform gratisan dari Blogger. Oleh karena itu yang gratisan saya bahas adalah yang Blogger ajah yah.
Cara bikin blog di Blogger sangat mamat mudah, kalau Minna-san punya akunnya mbah Google, entah itu email ato G+, yaudah Minna-san berarti udah punya blog, namun mungkin Minna-san tak menyadarinya karena tak sadar, setelah baca tulisan ini, sadarlah! Masuklah diakun mbah Google Minna-san, misalnya email Gmail, lantas buka aja blogger.com dan buatlah blog Minna-san, udah gitu ajah, yang pasti gratis. Cari template bawaan atau unduh template blog lain yang lebih keren yang bertebaran di blog-blog lain, dan lagi dengan ngeblog kita juga bisa jadi pemulung recehan jika blog yang kita buat kita Monetisasikan (mungkin itu akan saya bahas kedepannya, gihi).
Dan jika Minna-san cukup berduit, Minna-san bisa ganti domain bawaan yang .blogspot.co.id itu dengan .com ato yang lainnya agar lebih ganteng. Dan blog ini belum saya ganti domainnya karena saya sendiri masih memperlajarinya, ya walaupun ganti domain blog agar lebih ganteng itu gampang sih, tapi masih saya pikirkan. Dan biasanya kalau Minna-san mau ganti domain bawaan Blogger dengan yang TDL (Top Domain Level) Minna-san harus mengeluarkan duit. Ada banyak jasa pembuatan TDL lokal yang murah kok (Tapi saya masih memikirkannya untuk berganti domain, mungkin karena blog ini belum bisa Payout, gihi).
Kalau saya sih pengennya domain .net (tapi masih saya pikirkan, gihi). Murah sih, pertahunnya kalo tak salah Rp.120.000,- tapi itu domainnya saja ato ama hostingya? Hoho... karena ada juga Minna-san yang hanya jual domain saja, makanya murah, kalo ama Hostingannya (tempat menyimpan data blog kita, kalo masih gratisan ya datanya data di blogger, bener gak sih? Gihi).
Nah, buat Minna-san yang punya komuter (komputer) ato leptot (laptop) dan sering OL, harus nih jadi penulis OL dan ditaruh di Blog ato Web. Emang harus gitu? Ya gak sih, tapi walau sedikit ya amalkan saja apa-apa yang Minna-san bisa untuk dibagikan, misalnya blog ini, karena suka dengan sesuatu yang berbau Jejepangan, terutama musiknya, saya bikinlah blog ini sebagai wadah pelampiasan untuk berbagi, dan lagi, meski blog gratisan tetap bisa kok diuangkan, gihi (caranya mungkin akan saya bahas lain kalih).
Dengan membuat blog, secara langsung kita belajar memenejeri sebuah toko ato yang lebih kerennya perusahaan. Kok gitu? Ya emang bisa diibaratkan begitu, kita harus membuat blog kita sekeren dan semenarik mungkin, agar pengunjung betah dan mau datang kembali, harus menampilkan konten yang menarik agar dilirik dan tentunya berekspresi lewat blog kita tercinta.
Mungkin itu dulunya Minna-san cara dan kelebihan membuat / memiliki sebuah blog. Jannai.....

No comments