Header Ads

Belanja Online? Kenapa Tidak!



Yosh… Jumpa lagi Minna-san di Serba-serbinya Wappanes Blog yang kali ini mau sekedar berbagi racun soal belanja online. Apa masih ada yang takut untuk berbelanja Online? Mungkin ada, tapi dijaman yang semua-mua bisa dionlinekan rasanya gak asik kalau gak pernah coba beli barang secara online, nohohoh…. Dan kali ini saya hanya sekedar mau share pengalaman belanja di Blibli.com dan Bukalapak.com saja, bisa dibilang mungkin ini membangdingkan keduanya ya, mana yang lebih baik.
Tapi sebelum itu mari saya paparkan kenapa harus beli barang secara online? Yang pertama beli barang secara online saya rasa sangat cocok bagi Minna-san yang terlalu males untuk pergi ke toko karena belum pasti barang yang Minna-san butuhkan ada, udah capek-capek jalan malah barang yang dibutuhkan tidak ada. Dengan beli secara OL tak perlu lagi capek-capek dan takut kecewa misalkan barangnya tidak ada. Kedua, beli barang secara Ol sekarang ini semakin mudah, mudah dalam pembayaran dan mudah dalam proses. Ketiga, membantu memperbanyak tenaga kerja dibidang perkuriran. :D
Baiklah mari kita langsung ke intinya saja untuk tidak usah takut berbelanja OL karena sudah banyak toko-toko OL (situs ya?) yang terpercaya. Saya ambil contoh saja Blibli.com dan Bukalapak.com (karena saya lebih suka dua situs ini) karena apa? Karena proses pembayarannya yang mudah meskipun Minna-san tidak punya rekening bank (semacam saya ini). Tips saja nih, kalau mau beli barang secara OL saya sarankan gak usah yang mahal-mahal dan lihat dulu review dari pembeli sebelumnya soal kualitas barang atau pemaketannya apakah baik atau tidak (ini yang terpenting) meskipun situsnya terpercaya namun review dari pembeli kurang baik lebih baik hindari saja. Selain itu belanja OL sekarang ini cepat sampainya, paling lama ya sekitar seminggu.
Terus apa kelebihan dan kekurangan dari kedua situs ntu? Satu-satu dulu ya. Blibli.com bisa saya katakan adalah situs pertama yang membuat saya berbeli secara OL. Alasan pertama ya karena kemudahan pembayarannya yang bisa dilakukan melalui Indomaret, mudahkan? Dan saat beli barang di Blibli.com Minna-san akan mendapatkan beberapa poin yang kalau sudah terkumpul beberapa bisa ditukarkan voucher yang juga bisa langsung dibelikan produk di Blibli.com (semakin sering belanja semakin banyak pula poinnya). Selain itu kalau beli di atas harga Rp.75.000,00- gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Kekurangannya adalah jika beli barang dengan harga di bawah Rp.100.000,00- pembayarannya tidak bisa dilakukan di Indomaret. Blibli.com bisa diakses via web ataupun App loh (semakin gampang!). Sedangkan Bukalapak.com juga menawarkan kemudahan dalam berbelanja karena kita tidak diharuskan Log In seperti di Blibli.com yang mengharuskan pembelinya untuk Log In (mungkin untuk akumulasi poin) jika ingin berbelanja. Di Bukalapak.com juga menawarkan kemudahan dalam proses pembayarannya, yakni bisa melalui Indomaret ataupun Alfamart, kelebihan lainnya yakni adanya promo-promo dan beberapa fitur di Appsnya yang cukup menggiurkan (biasalah). Dan lagi, menurutku barang-barang di Bukalapak.com ini lebih variatif ketimbang Blibli.com karena barang-barang yang bersifat receh pun ada di Bukalapak.com (mau barang seken pun ada). Kelebihan lainnya adalah tidak adanya batasan harus minimal berapa rupiah kita bisa melakukan pembayaran di Indomart atau Alfamart (mau Rp.50.000,00- pun bisa kita bayarkan di sana). Mungkin kedepannya saya akan lebih sering mampir ke sini. Kekurangannya yakni selalu ada ongkos kirim! Bukalapak.com bisa diakses via web ataupun App loh (semakin gampang!).
Ah! Okelah Serba-serbi untuk kali ini, semoga teracuni bagi Minna-san yang belum pernah atau gak berani belanja OL. Jannai…..

No comments